Kamis, 02 Mei 2013

Singkong Dan Keju



Singkong & Keju
     Alhamdulillah, Segala puji hanya milik Allah, Kajian muslimah bisa hadir kembali di tengah-tengah para muslimah yang senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan, setelah minggu lalu ditiadakan, karena para penyelenggaranya sibuk mengurusi seminar muslimah hari minggu tanggal 28 April 2013 kemaren.
    Acara kajian muslimah kali ini tentang kreativitas muslimah yang bertema Singkong dan Keju. Dan Ustadzah Yuliatin Muharromi sebagai pematerinya. Tema ini diambil harapanya bisa menambah ilmu yang dimiliki para muslimah tentang kreativitas membuat makanan yang notabene nantinya akan menjadi ibu rumah tangga. Sebagai calon ibu rumah tangga yang kreatif, maka para muslimah harus mampu membuat berbagai macam menu makanan dari satu jenis bahan makanan. 
      Cara pembuatan makanan kreatif ini bisa terbilang sangat mudah untuk dilakukan bagi para pemula. Karena tidak  membutuhkan teknik-teknik khusus dalam pembuatannya. Dana yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak, jadi cocok untuk para muslimah yang notebene mahasiswa yang pastinya mempunyai uang saku yang pas-pasan. Apalagi bahan utamanya yaitu singkong sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar.
         Acara kali ini tidak hanya sekedar penyampaian materi, namun para peserta diajak membuat singkong keju ini secara lansung. Dengan membuat secara langsung, para peserta akan mendapatkan pengalaman nyata, dan diharapakan bisa mempraktekannya di rumah masing-masing.
       Bahan- bahan yang perlu disiapkan dalam pembuatan singkong keju ini yaitu antara lain: singkong (Manihot utillisma), keju, garam, air secukupnya, bawang putih (Allium sativum), mentega dan minyak. Kesemua bahannya banyak dijual di toko-toko sekitar. Kecuali singkong yang hanya dijual di pasar.
     Setelah semua bahan yang dibutuhkan siap, langkah awal pembuatan singkong keju ini yaitu menggoreng singkong yang telah digoreng  terlebih dahulu dan direndam pada air garam yang diberi  bawang putih yang telah dihaluskan. Singkong yang telah direndam dibiarkan selama beberapa menit agar garam dan bawang putihnya merasuk kedalam daging singkongnya.
Singkong diangkat dari panci pengorengan setelah berubah warna menjadi kuning kecoklatan kemudian ditiriskan agar semua minyaknya keluar dari daging singkong. Langkah selanjutnya yaitu mengolesi lapisan atas singkong dengan mentega kemudian baru ditaburi keju dan susu kental manis. Singkong keju yang telah jadi ditata dipiring dan siap untuk disajikan.
       Rasa dari kue kreatif singkong keju ini tidak kalah dengan kue-kue yang ada ditoko-toko makanan. Selain rasa, kue kraetif ini  juga memilki nilai lebih jika dibandingkan dengan kue-keu yang ada di toko-toko makanan pada umumnya. Karena dengan dana murah semua lapisan masyarakat bisa menikmati makanan ini. selain itu kue ini bebas dari bahan pengawet dan sejenisnya yang bila dikonsumsi akan merusak tubuh kita, padahal mendzolimi diri sendiri itu adalah suatu dosa besar. Sebagamaina firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Asy-Syura: 42 “ Sesungguhnya dosa besar itu atas orang-orang yang berbuat dzalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih”. Dan sabda Nabi SAW, dari Abu Dzar Al-Ghifari ra Nabi SAW bersabda meriwayatkan firman Allah ‘Azza wa jalla,”wahai hamba-hambaku, sesungguhnya Aku mengharamkan kezaliman atas diri-Ku dan Aku mengharamkan pula atas kalian, maka jangan kalian saling mendzalimi”. (HR. Muslim).
       Oleh karena itu sebagai muslimah dan calon ibu rumah tangga yang baik dan sadar akan kesehatan sebaiknya sebisa mungkin pilih dan buat makanan yang sehat, murah dan halal, seperti kue kreatif yang dibuat oleh para muslimah UKMKI LDK Universitas Jember ini.

0 komentar:

About Me

Pages

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.
twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail